Salah satu cara yang tidak banyak dilakukan oleh orang lain untuk menang adalah mulai lebih cepat. Yes, mulai duluan aja, sebelum orang lain mulai.

Usai menyimak materi Kang Rendy, CEO Keke Busana, saya tercengang dan termenung. Ini orang umur 21 tahun udah nikah, DO dari ITB Teknik Perminyakan tapi berani Nikah Muda. Dia mulai duluan jadi pengusaha, jadinya sekarang di usia 30 tahun doi udah lengkap pengalaman, akhirnya manteb lah jadi CEO yang multitalent ini.

Umur saya ketika menulis ini, 24 tahun. Alhamdulillah sudah menikah, baru 2 bulan lalu. Alhamdulillah sudah resign dari kerjaan, kurang lebih 1,5 tahun lalu. Alhamdulillah lagi S2 di UI, dan tinggal Thesis aja sekarang. Alhamdulillah Istri juga sama-sama lagi sekolah di Belanda. Alhamdulillah, lagi membangun bisnis juga. Kira-kira, harus seberapa cepat saya berlari agar bisa mengejar waktu 2-3 tahun sama yang udah mulai duluan? 

Panas banget rasanya, pengen lari terus, lari yang kenceng, biar segera naik kelas. Pasti akan capek banget, pasti akan banyak banget halangannya, pasti akan banyak ujiannya, stress ini itu. Bismillah, jalan terus…

Semoga apa yang dilakukan sekarang bisa menjadi amalan untuk akhirat, bisa menambah timbangan amal baik, yang penting niatnya karena Allah.

Kata Istri, jangan turun gunung sebelum sampai ke puncak. Jangan nyerah kalau belum naklukin salju, bikin jalan baru, yang aman, dan yang indah, untuk bisa dikunjungi keluarga waktu di puncak. Setelah puncak, ada puncak puncak lain yang harus di taklukkan, so, jangan kelamaan merayakan posisi puncak, itu bisa jadi cuma ilusi aja.

Contohnya, dulu puncak waktu SMA ya ketrima di Universitas Terbaik dan dapet beasiswa. Setelah itu tercapai, pas kuliah ada puncak lain lagi, aktif di organisasi, nilai harus tetep bagus, dapet kerjaan sesuai impian, atau puncak puncak lain yang ingin di capai, seperti pengen kuliah di luar negeri atau lainnya.

Poinnya, mulai aja sekarang. Mulai duluan. Biarin aja temen-temen mu masih asyik dengan dunianya, kini saat kamu membuat duniamu. Lets move. Jangan sampai ketinggalan. Action sekarang!